Covid-19 di Indonesia

This text is available on your favorite podcast applications entitled “Covid-19 di Indonesia”. Here is an example of text aiming at familiarizing yourself with pronunciation. The level of the text is  advanced - meaning the text contains formal sentences and is written using formal words and complex sentences.

WordsSentenceCharacter
263151992

Covid-19 telah mewabah dan menjadi pandemi diseluruh belahan dunia - tidak terkecuali Indonesia. Seperti yang diindikasikan pada namanya, Covid-19 merupakan virus yang pertama kali ditemukan pada tahun 2019, tepatnya pada bulan Desember 2019 silam. Istilah Covid sendiri merupakan singkatan dari Coronavirus Disease. Istilah tersebut diperkenalkan oleh WHO setelah sebelumnya virus tersebut diidentifikasi dengan nama n-Cov atau Novel Coronavirus. Untuk menghindari justifikasi terhadap negara atau wilayah tertentu, WHO kemudian mengubah nama n-Cov menjadi Covid-19.

Di Indonesia, kasus Covid-19 pertama teridentifikasi pada awal bulan Maret 2020. Terhitung sejak dua bulan setelah teridentifikasinya kasus Covid-19 pertama di Indonesia, jumlah kasus postif saat ini mendekati angka 8.000 kasus positif. Angka tersebut memang terlihat sangat tinggi, namun jika kita melihat jumlah kasus dibelahan bumi lainnya, persentase peningkatan kasus di Indonesia tergolong cukup rendah.

Saat ini, beberapa kota besar di Indonesia telah menerapkan kebijakan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Selama penerapan PSBB, aktifitas masyarakat diluar rumah dibatasi. Yakni terbatas hanya pada pemenuhan kebutuhan pokok seperti membeli makanan dan pemenuhan kebutuhan lainnya yang bersifat primer saja. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Efek pandemi Covid-19 tidah hanya dirasakan di Indonesia saja, melainkan diseluruh belahan bumi. Banyak negara di benua eropa yang turut merasakan efek dari Covid-19. Saat ini, Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya sekalipun turut menjadi korban. Amerika Serikat bahkan telah menjadi negara dengan jumlah kasus positif terbanyak per-April 2020 yang jumlah kasus positifnya melampaui Cina, Italia, dan Spanyol.

Harapan kami semua, pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir agar seluruh manusia dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala, kembali bekerja untuk keluarga, dan kembali sehat sebagaimana mestinya. If you find the text difficult, you better reduce the level of the passage. Englinesian has plenty of passages started from beginner level to upper-advanced level.