#Reading - Minum Kopi Susu

Howdy, folks! In this post, I try to present you a passage which is written in formal expression. This is especially composed for foreigners who want to learn Indonesian. By the way, the title of the passage is "Minum Kopi Susu".

This passage targets advanced level learners. If you think this passage difficult, or even too difficult, just try to search passages for intermediate level. Therefore, here is the transcript.

Transcript

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak kebun kopi yang bisa menghasilkan kopi yang berkualitas ekspor.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman web, pada tahun 2020 ini ekspor kopi Indonesia tetap stabil. Meskipun Indonesia turut terkena imbas dari pandemi Covid-19, Indonesia tetap mampu memenuhi permintaan kopi berbagai negara. Mesir adalah salah satu negara yang mengimpor kopi dari Indonesia. 

Dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik mesir pada tahun 2019, Indonesia disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar ke Mesir dengan nilai 59 juta dollar. Pada tahun 2020, terdapat kenaikan jumlah ekspor sebesar 21.7 persen.

Fakta tersebut menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki stok kopi melimpah. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat Indonesia gemar meminum kopi. 

Di Indonesia, kopi yang dihidangkan biasanya berupa kopi susu - yakni rebusan kopi yang dihidangkan bersama susu kental manis. Menu ini adalah menu yang paling laris di warung-warung kopi. Selain kopi susu, kopi hitam juga menjadi menu favorit masyarakat Indonesia.

Kopi susu biasanya dihidangkan pada pagi hari - diminum sebelum berangkat kerja. Kopi susu juga biasanya menjadi minuman hidangan yang disajikan kepada tamu.

Larisnya kopi susu di Indonesia membuat para pengusaha berlomba-lomba membuat produk kopi susu saset. Terdapat banyak merk yang memproduksi kopi susu cepat saji yang laris di pasaran. Menu ini bisanya dinikmati saat waktu sempit.

 
Buy me a coffee
Protected by Copyscape Web Plagiarism Software