Sulawesi Barat Setelah Gempa Bumi

This post is the translation of post entitled "Sulawesi Barat after Earthquakes". This is Englinesian's free reading course for you all who want to learn Indonesian (Bahasa Indonesia).

Gempa bumi baru saja menewaskan puluhan orang di Sulawesi Barat Indonesia. Rangkaian gempa bumi terjadi hanya dalam tempo 2 (dua) hari dan gempa bumi tersebut berhasil menghancurkan semua yang berada diatas bumi - kantor-kantor pemerintah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan tentu saja, rumah-rumah penduduk. Efek paling signifikan dari gempa bumi terasa di Majene dan Mamuju. Berdasarkan berita terkini, ratusan masyarakat hidup tanpa rumah.

Gempa bumi pertama mengguncang Sulawesi Barat pada sore hari dengan magnitudo 5.9 (skala Richter). Semua orang dalam keadaan waspada karena gempa tersebut. Gempa kedua mengguncang Sulawesi Barat pada dini hari - sekitar pukul 2.30 waktu setempat - dengan magnitudo 6.2 (skala Richter). Gempa kedua menjadi pemicu segala kehancuran disana.

Bagaimanapun juga, orang Indonesia bukanlah kumpulan manusia yang cengeng dan manja. Kami semua tetap kuat dengan segala keterbatasan yang ada. Setelah berita tentang gempa bumi diumumkan di pemberitaan, pemerintah langsung merespon dengan mengirimkan bantuan berupa bahan makanan dan pakaian ke area yang terdampak.

Hal yang kami butuhkan saat ini hanyalah doa dari masyarakat dunia. Dalam waktu dekat, Sulawesi Barat akan bangkit - bagaimanapun situasinya.